Oleh: ewon | Agustus 9, 2007

makna kehidupan

<>.Kehidupan adalah syareat atau perwujudan adanya mahluk  hidup, Dan Kami turunkan kepadamu Al-Kitab (Al-Qur`an) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri.” (an-Nahl [16]: 89)

 <>.syareat pun bisa diibaratkan “baju” yang dipakai untuk lahir sedangkan hakekat baju batin. Mungkin hanya Allah yang memakaikan baju batin buat kita 

<>.Akhirnya, jika kita sudah berbaju lahir, dengan menjalankan syareat yang mantap, maka tidak mustahil baju “batin” akan bertambah kuat. Dengan kuat dan semakin tebalnya baju batin, boleh jadi dan tidak mustahil, diri kita mampu terlidungi dari cuaca yang menggerogoti batin. Berarti dengan sendirinya, kita akan dilindungi Allah swt. (Al Fath: 4).

<>.Sebaliknya, hanya mereka yang berimanlah yang hidup sesuai dengan nilai-nilai Al-Qur`an. Karena itu, Al-Qur`an membimbing mereka dalam cahaya tuntunannya.

<>.Allah menciptakan manusia dan menyampaikan-melalui Al-Qur`an-jalan keluar paling tepat serta semua bentuk informasi yang dibutuhkan untuk menjalani hidup dalam kebaikan kepada semua orang. Karena itu, bila menghadapi kesulitan, sungguh penting bagi mereka yang beriman untuk merujuk pada ayat-ayatnya dan penerapan atas tinjauannya.

 <>.Manusia dapat meraih ilmu pengetahuan hanya dengan perkenan dan kehendak Sang Maha Pencipta.Mereka menjawab, ‘Mahasuci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana.’” (al-Baqarah [2]: 32)

<>.Dari ayat di atas, jika derajat kemanusiaan ingin meninggi, maka syareat perlu dijalankan dengan serius. Sebab itulah jalan yang ditempuh oleh ummat Muhammad saw dan diteruskan oleh para pewarisnya: ulama dan para aulia. Termasuk diri kita berperan untuk mendalami berbagai syariat itu

 <>.Itulah salah satu alasan  mengapa syareat itu perlu digeluti dengan sungguh-sungguh. Sebagaimana Iman bukanlah sebuah gerakan. Karena ia ada di dalam hati manusia untuk menemukan Tuhannya. Jika hanya iman yang dipegang, maka tidaklah ada gerak sama sekali. Karenanya perlu syareat agar iman yang ada di hati itu bisa bergerak melaju dan memberi nilai manfaat bagi kemanusiaan.

 <>.Dengan demikian maka segala syaerat apa saja agar dikerjakan biar derajat bisa naik. Sebab kalau hakekat itu tidak ada gerak kerja. Yang ada hanyalah keimanan. Silaturahmi syareat, sholat syaraet, zakat syareat dst. Semuanya tinggal dikerjakan saja. Sementara kalau hakekat itu tidak ada yang harus dikerjakan. <>.Dzikir adalah syareat, sholat juga syareat. Demikian pula zakat dan lain-lain. Dengan begitu maka baru manusia bisa meninggi derajatnya. 

 <>.Tahapan-tahapan tersebut adalah tahapan keimanan, syareat, tarekat,hakekat, kalau sudah bisa mengoptimalkan ke 4 hal tersebut baruakhirnya bisa mencapai Makrifatulah ( mengenal Allah ). Kalau diibaratkan piramida maka landasan piramida tersebut adalah keimanan, segitiga sisi kiri adalah syareat, segitiga sisi kanan adalah tarekat, segitiga sisi depan adalah hakekat dan pucuk dari piramida tersbut
adalah {makrifatulllah}.
         Waylun, liman yaqro’ walam yaf’al.

Celakalah bagi orang yang membaca tapi tidak mengerjakannya.

<>. fungsi tasawuf (tharekat) itu sendiri ibarat ZAITUN yang bisa memudahkan gerak syareatnya. Sebab dalam tasawuf diajarkan keimanan yang mantap. Sebagaimana dialog Nabi saw dengan malaikat. Nabi saw menjawab bahwa iman (hakekat) ada 6 jumlahnya. Sementera ketika ditanya tentang Islam (syareat) ada lima jumlahnya. Lalu saat ditanya tentang ikhsan, maka Nabi saw menjawab: “beribabadahlah seakan-akan kamu melihatNya, jika tidak bisa maka seakan-akan Dia melihatmu.” Singkatnya, ikhsan itu adalah akhlak itu sendiri. Maka jika 6 (Iman) + 5 (Islam) + 1 (ikhsan) berjumlah 12. Angka dua belas ini persis sama dengan huruf: Laa Ilaaha Illa Allah.      

 << editan cara ciri al;ilmu  >>  


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: